top of page
  • Writer's pictureldsdigital

5 Bagian Daging Yang Bisa Diolah Menjadi Steak



Kelezatan daging steak sudah menjadi rahasia umum. Meski bukan makanan khas Indonesia, steak daging ini mempunyai banyak peminat di negara ini. Banyak restoran steak yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Namun, sebelum Anda menikmati salah satu menu populer di belahan dunia ini, Anda perlu mengetahui beberapa istilah asing dalam sajian steak. Dengan memahami istilah-istilah pada sajian daging steak, maka dapat membantu Anda jenis daging dan potongannya.

Selain tenderloin dan sirloin yang sudah umum kita dengar, ternyata masih mempunyai banyak jenis potongan daging untuk penyajiannya. Berikut bagian-bagian daging sapi yang biasa disajikan steak.

Flank (bagian perut belakang)

Bagian Flank berasal dari bagian perut belakang, bagian daging ini tidak mempunyai banyak lemak, namun kaya akan rasa. Meski demikian, bagian daging ini perlu dipotong mengikuti alurnya da n sebelum dipanggang daging ini perlu untuk dimarinasi terlebih dahulu.

Rib (Iga)

Bagian ini merupakan bagian daging yang berasal dari rusuk sapi. Dari prime rib, rib eye, short ribs, hingga back ribs. Semua bagiannya dapat diolah menjadi steak atau menu makanan lainnya. Dibandingkan dengan tenderloin bagian iga ini lebih mengandung banyak lemak, sehingga mempunyai tekstur yang lebih juicy dan lebih kaya rasa. Bahkan keempukan pada bagian ini kalah dengan tenderloin.

Short Loin (has)

Short loin lebih ditujukan pada bagian has dalam, atau bagian yang paling empuk dari semua bagian pada tubuh sapi. Bagian ini terletak pada bagian punggung. Pada bagian ini, didalamnya terdapat tenderloin dan filet mignon. Bagian paling banyak diminati yaitu adalah bagian T-bone, tulang yang membentuk huruf T dengan daging yang ada di sisi kiri dan juga kanan tulang tersebut yaitu, striploin dan filet mignon. Namun belakangan ini yang menjadi favorit ada bagian hanger menjadi favorit baru di has dalam, karena rasanya yang kaya. Sementara pada bagian luarnya (has luar) disebut dengan sirloin. Inilah bagian yang paling kita kenal. Di dalamnya terdapat bagian-bagian yang populer seperti tri-tip, sirloin steak, ataupun coulotte.

Round (gandik)

Kemudian ada bagian round yang merupakan bagian daging yang terletak di antara punggung dan ekor. Inilah bagian paling ekonomis dari daging sapi. Walaupun bagian ini mempunyai sedikit lemak, banyak potongan daging yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai olahan. Untuk steak, biasanya menggunakan bagian round steak dan rump. Karena terbilang minim lemak, maka bagian ini terbilang cocok dimanfaatkan sebagai roast beef.


Itu tadi 4 bagian daging yang bisa diolah menjadi Steak. Kita perlu untuk mengetahui bagian-bagian daging yang bisa diolah menjadi steak, karena setiap bagian mempunyai cita rasa dan tekstur yang berbeda. Dan jika Anda ingin menikmati Steak terbaik Jakarta, bisa percayakan pada Cutt & Grill. Di restoran kami Anda bisa mendapatkan kualitas daging Steak terbaik.


Berikut ini Informasi Harga yang Kami Tawarkan :


● Australian Sirloin 200gr: 195K

● Australian Tenderloin 200gr: 225K

● Australian Hulk Sirloin 400gr: 390K

● Black Angus Sirloin 250gr: 310K

● Black Angus Ribeye 300gr: 375K

● Black Angus Tenderloin 300gr: 415K

● US Prime Sirloin 250gr: 320K


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Cutt & Grill, bisa Anda peroleh melalui website official Cutt & Grill di https://www.cuttandgrill.com/Menu


Artikel Lainnya : Resto Terbaik di Tangerang

4 views
bottom of page