top of page
  • Writer's pictureldsdigital

4 Poin Penting Saat Menjalankan Program Diet

Banyak orang yang menganggap bahwa untuk diet perlu untuk mengurangi porsi makanan dan memperhatikan jenis makanannya. Padahal untuk menjalani program diet tidak hanya dua point itu saja. Karena diet tidak hanya sekedar mengurangi porsi makan, masih ada point-point penting lain yang berguna untuk membuat program diet Anda sukses. Karena, apabila Anda salah langkah maka akan berakibat bagi tubuh Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui point-point penting saat menjalankan program diet agar diet Anda berhasil. Simak poin-poin berikut ini yang dapat membantu menjalankan program diet.


Poin-poin penting Menjalankan program diet


1. Mengenal kebutuhan kalori

Sebelum Anda merancang menu makanan untuk program diet, Anda perlu untuk mengenal kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda berdasarkan berbagai faktor, seperti usia hingga kondisi kesehatan.

Contohnya seperti, penyandang obesitas yang mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda dengan orang sehat yang ingin mengurangi berat badan.

Dengan menentukan kalori yang tepat dari makanan dan juga minuman, tubuh akan mendapatkan energi yang dibutuhkan. Hal tersebut akan berdampak pada fungsi tubuh yang akan berjalan normal, mulai dari memompa darah, berpikir, hingga bernapas.

Jadi, sebelum Anda merancang menu makanan untuk menjalan program diet, penting untuk mengenali kebutuhan kalori agar tubuh tetap berfungsi dengan baik.

2. Mengatur porsi makan

Selain kebutuhan kalori, poin penting diet selanjutnya adalah mengatur porsi makan.

Pada saat menjalani program diet, bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi segala jenis makanan. Pasalnya, semua jenis makanan mempunyai kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh, hanya saja porsi makan Anda perlu diperhatikan dengan baik.

3. Membuat jadwal makan yang teratur

Anggapan orang-orang bahwa melewatkan waktu makan dapat mengurangi berat badan. Hal tersebut tidak benar. Karena setiap waktu makan penting sebagai bentuk menjalani program diet sehat.

Jika melewatkan waktu makan justru bisa membuat tubuh merasa cepat lapar, gula darah naik-turun drastis, dan stres.

Jika Anda ingin mengurangi porsi makan, Anda bisa mengurangi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali sepanjang hari Anda bisa makan dalam porsi kecil. Yang penting Anda harus menghindari makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori.

Selain itu, penting untuk memperhatikan agar tidak melewati sarapan dengan makanan yang tinggi protein dan juga serat. Hal ini agar tubuh merasa kenyang hingga waktu makan siang tiba.


4. Makan pelan-pelan

Makan perlahan ternyata merupakan cara diet yang sehat, karena dengan makan secara pelan-pelan maka tubuh akan merasa cepat kenyang.

Dilandasi oleh Harvard Health, para ahli menyatakan bahwa rasa kenyang merupakan bagian faktor dari kepuasan seseorang setelah makan.

Rasa kenyang ini ternyata juga dipicu oleh otak. Pasalnya, otak juga memerlukan serangkaian sinyal dari hormon pencernaan yang disekresikan oleh saluran pencernaan.

Sedangkan, Jika makan terlalu cepat maka tubuh tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mengirimkan sinyal hormonal tersebut. Hal tersebut bisa membuat Anda makan secara terus menerus sampai perut Anda merasa puas.

itu dia 4 poin penting saat menjalani program diet. Untuk Anda yang bingung cara mengatur makanan saat sedang menjalani program diet, Anda bisa percayakan kepada katering sehat salah satunya adalah catering sehat Jakarta Selatan yaitu Terra resto.

Terra Resto adalah tempat makan sehat yang juga menyediakan catering diet di Jakarta Selatan dan. Terra Resto merupakan salah satu restoran terbaik yang menyajikan makanan diet di Indonesia. Semua program meal plan didasarkan pada pemahaman nutrisi dari Diet Alkaline & Ayurveda Wisdom, dengan supervisi oleh Plant-based Chef Yogesh 'Kevin' Rambujun.


Terra Resto dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan menyajikan makanan sehat. Terra Resto juga menyediakan catering vegetarian dan sangat cocok untuk anda yang sedang menjalani program diet. Anda dapat memesan meal plan untuk beberapa hari ke depan di Terra Resto, dan Terra Resto akan dengan senang hati menyiapkan makanan sehat untuk Anda setiap hari. Jadi, mari kita mulai hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat di Terra Resto!



12 views
bottom of page