top of page
  • Writer's pictureldsdigital

5 Tingkat Kematangan Pada Daging Steak

Updated: Jan 11


Steak daging merupakan salah satu makanan western yang berasal dari Spanyol, masakan ini adalah menu makanan yang paling mudah ditemukan di belahan dunia manapun. Makanan yang dibuat dengan cara dibakar atau dipanggang ini mempunyai banyak sekali penggemar di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Meskipun untuk menikmati menu ini perlu merogoh kocek lebih dalam namun tetap menjadi menu makanan yang banyak diminati.

Penyajian steak biasanya disajikan dengan sayuran dan kentang goreng yang disiram dengan saus special. Menu steak biasanya dibedakan berdasarkan bagian daging sapi. Namun, selain itu Steak juga dibedakan dari tingkat kematangannya.

Untuk Anda penikmat steak perlu untuk mengetahui 5 tingkat kematangan steak berikut ini.



Rare

Rare merupakan tingkat kematangan daging steak paling rendah. Pada tingkat kematangan ini, 80% daging masih segar dan berwarna merah. Tingkat kematangan rare pada daging mempunyai suhu 48-50 derajat celsius pada bagian dalamnya. Meskipun belum sepenuhnya matang, namun steak dengan tingkat kematangan rare banyak diminati oleh banyak orang karena daging masih juicy dan lembut.

Medium rare

Setelah rare, ada tingkat kematangan medium rare. Pada tingkat kematangan ini, 60% hanya matang bagian luarnya dan bagian dalamnya masih segar. Medium rare bisa juga disebut setengah matang. Mirip dengan steak yang tingkat kematangannya rare, medium rare ini juga menghasilkan tekstur daging yang lembut dan juicy.

Medium

Pada tingkat kematangan ini, 40% kondisi daging masih segar atau belum matang sempurna. Tingkat kematangan ini menjadi standar kelezatan steak di seluruh dunia, bahkan di Indonesia karena tingkat kematangan ini pas dan enak untuk dinikmati. Pada tingkat ini, tekstur daging tidak se-juicy rare dan medium rare.

Medium well

Selanjutnya adalah medium well, tingkat kematangan ini banyak diminati oleh orang Indonesia. Tingkat kematangan daging terbilang hampir matang dengan 20% kondisi daging masih segar. Meskipun daging sudah hampir matang, namun tekstur dagingnya masih terasa juicy dan lembut.

Well done

Tingkat kematangan pada steak yang terakhir yaitu well done. Pada tingkat kematangan ini, daging dimasak sampai benar-benar matang dan tak ada bagian yang masih berwarna merah atau masih segar. Bisa dikatakan well done adalah tingkat kematangan secara menyeluruh. Karena tingkat kematangannya sempurna, maka tekstur pada daging tidak lagi terasa juicy hal tersebut dikarenakan kandungan lemak pada daging sudah terpanggang. Steak well done ini mempunyai penampilan warna yang coklat dan bagian luar yang kering.

Itu tadi 5 tingkat kematangan pada steak yang perlu diketahui agar tidak salah pesan nantinya. Dan jika Anda ingin menikmati Steak terenak di Jakarta, bisa percayakan pada Cutt & Grill. Di Cutt & Grill Anda bisa mendapatkan kualitas daging steak terbaik.


Cutt & Grill merupakan salah satu restoran steak di Jakarta Selatan yang menyajikan steak terenak di Jakarta dengan kualitas daging terbaik. Bahkan resto steak di Jakarta ini terkenal karena menyajikan pilihan daging berkualitas tinggi yang diolah dengan sempurna.


Lokasi Cutt & Grill:


Tebet

Jl. Tebet Dalam Raya no. 23,

Tebet Dalam Raya Jakarta Selatan,

Monday - Sunday: 11.00 - 22.00

--------------------------------------------------------

Senopati

Jl. Suryo No. 34, Senopati, Jakarta Selatan

Sunday - Wednesday: 11.30 - 23.00 Thursday - Saturday: 11.30 - 24.00

--------------------------------------------------------

Alam Sutera

Flavor Bliss, The Flavor Bliss, Blok KE Jl. Alam Sutera Boulevard Monday - Sunday: 11.00 - 21.00

--------------------------------------------------------

The Breeze

The Breeze BSD City, Unit L.50 Jl. BSD Grand Boulevard

Monday - Friday: 11.30 - 21.00 Saturday - Sunday: 07.00 - 21.00

--------------------------------------------------------

Batavia PIK

Batavia PIK Unit #53,

Kawasan Pantai Maju, Jakarta Utara

Monday - Friday: 11.00 - 23.00 Saturday - Sunday: 09.00 - 23.00


Cutt & Grill menawarkan beragam jenis steak, termasuk tenderloin, sirloin, dan ribeye, yang semua dagingnya dipilih secara cermat untuk memastikan kualitasnya. Daging yang digunakan berasal dari sumber yang terpercaya dan diolah dengan metode penggilingan, pemotongan, dan penyimpanan yang tepat. Hal ini memastikan bahwa steak yang disajikan memiliki kelembutan, rasa, dan tekstur yang optimal.


Berikut ini informasi harga yang kami tawarkan:

  • MB4+ BRAZILIAN PICANHA 300G: 515K

  • BLACK ANGUS SIRLOIN 300G: 480K

  • BLACK ANGUS TENDERLOIN 250G: 845K

  • BLACK ANGUS RIBEYE 350G: 755K

  • DRY-AGED USDA PRIME SIRLOIN 300G: 810K

  • DRY-AGED USDA PRIME RIBEYE 350G: 995K

  • DRY-AGED USDA PRIME PORTERHOUSE 1KG: 2.700K

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Cutt and Grill, bisa Anda peroleh melalui website official Cutt and Grill di https://www.cuttandgrill.com/food.

Penawaran Khusus:


Birthday Threats

  • Gratis Chocolate Overload Cake pada hari ulang tahun Anda

  • Tukarkan dengan menunjukkan Kartu ID Anda kepada staf kami

  • Ikuti IG/Tiktok @cuttandgrill dan tandai kami di postingan Anda!

  • Hanya tersedia untuk makan di tempat

  • Tersedia di seluruh outlet


Note : Informasi harga dan promo bisa berubah sewaktu-waktu. Informasi lebih lanjut : https://www.cuttandgrill.com/whatson

15 views

תגובות


bottom of page