top of page
  • Writer's pictureldsdigital

Tips Mengolah Steak dengan Lezat dan Profesional

Updated: Aug 16, 2023


Menikmati sepotong steak yang lezat dan sempurna bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Selain memasak steak dengan baik, perlu juga untuk mengetahui cara pemotongan dan penyajian yang tepat dan juga berperan penting dalam menciptakan pengalaman bersantap yang memuaskan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips dalam memotong dan menghidangkan steak dengan tampilan yang lezat dan profesional. Anda akan mempelajari teknik pemotongan yang tepat untuk mempertahankan kelembutan daging serta cara menghidangkan steak dengan indah.


1. Potong Melawan Serat Daging Saat memotong steak


Untuk menjaga kelembutannya Anda bisa memotong melawan arah serat daging. Potongan melawan serat membuat daging terasa lebih lembut saat dikunyah. Perhatikan arah serat daging dan sesuaikan pemotongan Anda agar memotong melawan serat.


2. Perhatikan temperatur bahkan sebelum memasak


Temperatur pada daging sangat berpengaruh pada proses memasak. Jika Anda mengolah daging sapi yang baru saja dikeluarkan dari kulkas dalam kondisi beku. Dalam mengolahnya Anda perlu sering membalikkan daging agar seluruh bagian daging matang merata.


3. Potong dengan Ketebalan yang Sesuai


Ketebalan potongan steak dapat mempengaruhi tingkat kematangan dan kelembutan daging. Untuk steak yang dimasak medium rare, potongan sekitar 1-2 cm biasanya ideal. Jika Anda menginginkan steak yang lebih tipis atau lebih tebal, sesuaikan waktu memasak agar mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.


4. Gunakan Teknik Bias Cutting atau Diagonal Cutting


Teknik pemotongan seperti bias cutting atau diagonal cutting dapat memberikan tampilan yang menarik pada hidangan steak. Potong steak dengan sudut sekitar 45 derajat untuk menciptakan potongan yang memanjang. Hal ini akan memberikan estetika yang lebih menarik saat steak disajikan di atas piring.


5. Jaga Suhu dan Kelezatan Daging


Pastikan steak tetap hangat saat disajikan dengan menyiapkan piring yang sudah dipanaskan sebelumnya. Hindari menaruh steak di piring dingin karena dapat menyebabkan cepatnya pendinginan daging. Selain itu, jaga agar steak tidak terlalu lama terkena udara terbuka sehingga suhu dan kelezatan daging tetap terjaga.


Itu dia tips dalam memotong & menghidangkan steak agar menghasilkan rasa yang berkualitas. Beberapa restoran menyediakan menu steak dengan daging sapi yang berkualitas dan cara pengolahan yang tepat agar lebih lezat dan bisa memanjakan lidah para orang-orang yang menyantapnya. Salah satu restoran steak Jakarta yang terkenal akan kelezatannya yaitu bisa Anda cicipi di Cutt & Grill. Di resto ini kami, Anda bisa mendapatkan kualitas daging terbaik. Untuk informasi lebih lengkapnya Anda bisa kunjungi laman web resmi di https://www.lds-lifestyle.com/cutt-and-grill.


15 views
bottom of page